RESUME BERPIKIR KOMPUTASI
1. Struktur data
Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.
2. Tree data
Dalam ilmu komputer , pohon adalah tipe data abstrak yang digunakan secara luas yang mewakili struktur pohon hierarkis dengan sekumpulan simpul yang terhubung . Setiap simpul di pohon dapat dihubungkan ke banyak anak (tergantung pada jenis pohon), tetapi harus dihubungkan ke tepat satu induk, [1] kecuali untuk simpul akar , yang tidak memiliki induk (yaitu, simpul akar sebagai simpul paling atas dalam hierarki pohon). Batasan-batasan ini berarti tidak ada siklus atau "loop" (tidak ada simpul yang dapat menjadi leluhurnya sendiri), dan juga bahwa setiap anak dapat diperlakukan seperti simpul akar dari sub-pohonnya sendiri, menjadikan rekursi sebagai teknik yang berguna untuk traversal pohon . Berbeda dengan struktur data linear , banyak pohon tidak dapat direpresentasikan oleh hubungan antara simpul-simpul tetangga (simpul induk dan anak dari suatu simpul yang dipertimbangkan, jika ada) dalam satu garis lurus (disebut tepi atau tautan antara dua simpul yang berdekatan)
Pohon biner adalah jenis yang umum digunakan, yang membatasi jumlah anak untuk setiap induk hingga maksimal dua. Ketika urutan anak ditentukan, struktur data ini sesuai dengan pohon terurut dalam teori grafik . Nilai atau penunjuk ke data lain dapat dikaitkan dengan setiap simpul di pohon, atau terkadang hanya dengan simpul daun , yang tidak memiliki simpul anak.
3. Graph data
Dalam ilmu komputer , grafik adalah tipe data abstrak yang dimaksudkan untuk mengimplementasikan konsep grafik tak berarah dan grafik berarah dari bidang teori grafik dalam matematika .
Struktur data grafik terdiri dari sekumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan sekumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau sekumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut arrow atau arcs . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi integer .
Struktur data grafik juga dapat mengasosiasikan ke setiap sisi suatu nilai sisi , seperti label simbolik atau atribut numerik (biaya, kapasitas, panjang, dan lain-lain).
4. Algoritma
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktekkan oleh Alan Turing dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus".
Sebaliknya, heuristika adalah pendekatan untuk pemecahan masalah komputasi yang mungkin tidak sepenuhnya terspesifikasi atau tidak menjamin hasil yang benar atau optimal, terutama dalam ranah masalah komputasi yang mana tidak ada hasil yang benar atau optimal yang terdefinisi dengan baik
5. Pengertian algoritma menurut para ahli
Algoritma adalah metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan manusia mampu menghasilkan karya-karya yang semakin canggih dan kompleks. Meskipun komputer dapat melakukan perhitungan dengan cepat dibandingkan manusia pada umumnya, namun komputer tidak bisa menyelesaikan masalah begitu saja tanpa diajarkan oleh manusia melalui urutan langkah-langkah (algoritma) penyelesaian yang dide?nisikan terlebih dahulu. Selain digunakan untuk pemecahan masalah menggunakan komputer, algoritma juga dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang membutuhkan sederet proses atau langkah-langkah prosedural. Agar lebih memahami apa itu algoritma mari kita pelajari pengertiannya dari beberapa sumber.
Pada beberapa sumber buku diperoleh pengertian dari algoritma di antaranya :
1. Algoritma menurut (Kani, 2020, 1.19) adalah suatu upaya dengan urutan operasi yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan suatu masalah untuk menghasilkan suatu output tertentu.
2. Algoritma berasal dari kata algoris dan ritmis yang pertama kali diperkenalkan oleh Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al Khwarizmi pada 825 M di dalam buku Al-Jabr Wa-al Muqabla. Dalam bidang pemrograman, algoritma dide?nisikan sebagai metode yang terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan sistematis untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer (Jando & Nani, 2018, 5).
3. Algoritma menurut (Munir & Lidya, 2016, 5) adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan.
4. Algoritma merupakan sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan masalah / persoalan logika dan matematika dengan bantuan komputer (Sismoro, 2005, 29).
6. Expresi logika
Ekspresi logis adalah pernyataan yang bisa benar atau salah. Misalnya,a<b
adalah ekspresi logis. Itu bisa benar atau salah tergantung pada nilainyaa
Danb
diberikan. Perhatikan bahwa ini berbeda dari ekspresi matematika yang menunjukkan pernyataan kebenaran. Pada contoh sebelumnya, ekspresi matematikaa<b
maksudnyaa
kurang darib
, dan nilaia
Danb
Di manaa≥b
tidak diizinkan. Ekspresi logika membentuk dasar komputasi, jadi untuk keperluan buku ini, semua pernyataan diasumsikan logis dan bukan matematis, kecuali dinyatakan lain.
Dalam Python, ekspresi logika yang benar akan dihitung dengan nilai “Benar”. Ekspresi yang salah akan dihitung dengan nilai “False”. Ini adalah tipe data baru yang kami temui - boolean , yang memiliki nilai bawaan Truedan False. Untuk tujuan buku ini, “Benar” setara dengan 1, dan “Salah” setara dengan 0. Membedakan antara angka 1 dan 0 serta nilai logika “Benar” dan “Salah” berada di luar cakupan buku ini, tetapi hal ini dibahas dalam buku-buku yang lebih maju tentang komputasi. Ekspresi logis digunakan untuk mengajukan pertanyaan ke Python. Misalnya, "3<4
” setara dengan, “Apakah 3 kurang dari 4?” Karena pernyataan ini benar, Python akan menghitungnya sebagai 1. Namun,3>4
salah, oleh karena itu Python akan menghitungnya sebagai 0.
7. Operasi logika
dasar operasi logika sangat penting jika kamu ingin mahir dalam aljabar Boolean. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah saat membuat pemrograman dengan tipe data Boolean yang hasilnya benar atau salah.
dasar operasi logika
1. Operasi Not atau Negation
Operasi NOT merupakan sebuah fungsi logika yang bisa membalik variabel biner, misalnya adalah jika kamu memberikan masukkan berupa 0 maka keluarannya adalah 1, begitu pula sebaliknya.
2. Operasi AND
Selanjutnya adalah operasi AND yang membutuhkan dua input dan satu output. Semua keluaran gerbang logika akan bernilai 1 jika semua masukkannya adalah 1, sementara itu jika dari kedua input terdapat masukkan bernilai 0, maka keluarannya menjadi 0.
Untuk rumus keluaran dan masukkan operasi AND dalam logika dasar adalah:
Q = A . B
Agar lebih jelas, simak tabel kebenaran di bawah ini:
0 . 0 = 0
0 . 1 = 0
1 . 0 = 0
1 . 1 = 1
2. Operasi OR
Kebalikan dari operasi AND, operasi OR adalah dasar operasi logika dengan keluaran yang semuanya menghasilkan nilai 1 kecuali jika input-nya semuanya adalah 0. Hal tersebut karena rumus OR menggunakan operasi plus,Q = A + B
Kamu bisa melihat tabel kebenarannya di bawah ini untuk lebih jelasnya:
0 + 0 = 0
0 + 1 = 1
1 + 0 = 1
1 + 1 = 1
8. flowchart
Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram.
Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
9. Flowchart dokumen
Bagan alir dokumen atau disebut juga dengan bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork.
flowchart adalah bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
10. Flowchart Sistem
Yakni bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.
Bagan jenis ini menjelaskan urutan-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem dan menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
11. Flowchart Data
Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafik dari sebuah sistem.
DFD menggambarkan komponen-komponen sebuah sistem, aliran-aliran data diantara komponen-komponen tersebut, asal, tujuan dan penyimpanan dari data tersebut.
12. Flowchart Program
Selanjutnya kita akan membahas flowchart program. Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program.
Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart).
13. Simbol - simbol flowchart
Komentar
Posting Komentar